Menggosok Gigi

Menggosok gigi adalah membersihkan seluruh permukaan gigi dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang menempel dengan menggunakan bantuan sikat gigi dan pasta gigi (Setyaningsih,2010). Dibawah ini adalah langkah – langkah yang harus dilakukan dalam menggosok gigi  (Rahmadhan, 2010) :

  1. Ambil sikat dan pasta gigi, peganglah sikat gigi dengan cara anda sendiri yang penting nyaman untuk dipegang, oleskan pasta gigi di sikat gigi yang sudah di pegang.
  2. Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi dengan cara menjalankan sikat gigi pelan – pelan dan naik turun.


  3. Mulai pada rahang atas terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan rahang bawah. Bersihkan seluruh permukaan kunyah gigi (gigi geraham) pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur sebanyak 10 – 20 kali. Lakukan pada rahang atas terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan gigi.


  4. Bersihkan permukaan gigi yang menghadap ke lidah dan langit – langit dengan menggunakan teknik modifikasi bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri. Lengkung gigi bagian depan dapat dilakukan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap depan. Menggunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi. Dilakukan pada rahang atas dan dilanjutkan ke rahang bawah.




  5. Sikat juga lidah dengan menggunakan sikat gigi dengan tujun untuk membersihkan permukaan lidah dari bakteri dan membuat nafas menjadi segar. Lalu kumur dengan air untuk menghilangkan bakteri – bakteri dari sisa proses menyikat gigi.








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Pelayanan Asuhan di Puskesmas Tuntang

Tips Kulit Sehat Bersinar